Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Burung Kacer Mabung

Written By gara on Kamis, 06 Juni 2013 | 23.12

Burungzoo.com Burun Ku Bagus

Belajar mengenai Burung Kacer ,  dari pemilihan bakalan, perawatan dsb. Tidak begitu sulit di jaman sekarang untuk belajar tentang apapun. Tinggal kitanya sendiri mau dan tidaknya untuk belajar.
gambar burung kacer yang sedang mabung
gambar burung kacer yang sedang mabung
Salah satu media belajar yang praktis adalah dengan memnfaatkan sarana internet, di internet apa yang kita ingin tau (informasi), besar kemungkinan ada (tersedia). Begitu juga masalah perburungan sangat banyak blog yang membahasanya. Dari bloglah saya belajar tentang perburungan.
Dari beberapa tulisan yang saya baca ternyata Molting (rontok bulu -disini lebih popular dengan istilah mabung) itu merupakan satu siklus dalam kehidupan burung, semua burung pasti akan mabung. Dalam setahun burung akan mabung satu kali, ada juga yang dua kali untuk jenis burung tertentu.
bulu tuanya belum rontok semua
bulu tuanya belum rontok semua
Ada beberapa burung yang saya pelihara salah satunya burung Kacer yang sekarang sedang mabung. Dulu sebelum tau cara merawat burung yang sedang mabung, saya tidak memperlakukanya dengan khusus tapi untuk burung Kacer yang sekarang sedang mabung saya memcoba praktek berdasarkan informasi yang saya dapat dari internet.
dalam proses mabung
dalam proses mabung
Tanggal 6/2/2013 burung Kacer yang saya pelihara bulu bulunya mulai ada yang rontok itu tandanya burung mulai mabung. Maka mulai saat itu saya mencoba mempraktekan  treatment mabung secara ekstrem harapanya agar mabung sempurna. Langkahnya sangkar fuul di kerodong, pakan diganti dengan pakan ayam, ngak di mandikan gak di jemur, kotoranyapun di bersihkan 10 hari sekali, harusnya dasar sangkar di taburi dulu dengan kapur sirih setebal 2 mm dan lapisan atasnya di taburi dengan dedak setebal 1 cm tapi itu tidak saya lakukan, tentu ada alasanya hehe. Pemberian EF juga di tingkatkan jadi 6 ekor jangkrik pagi dan sore, ulat hongkong 5 ekor sama, pagi sore. Pemberian vitamin yang di campurkan di air minunya asal ganti air pasti saya kasih vitamin.
pool kerodong selama 2 bulan
pool kerodong selama 2 bulan
Pemberian porsi Extra Fooding yang lebih banyak dari biasa itu harus karena menurut satu sumber itu sangat di perlukan untuk pembentukan sel baru dan untuk pembentukan bulu baru. Lebih dari itu saat burung sedang mabung, ini merupakan saat yang tepat untuk mengisi variasi suara, tujuanya agar variasi suaranya jadi lebih banyak artinya tidak monoton. Sementara untuk proses mabungnya sendiri burung Kacer itu lebih cepat, mulai bulu rontok sampai pulih kembali lamanya sekitar 2 bulan.
Sekarang hari Sabtu 23 Feb 03 berarti penantian yang masih panjang untuk bisa menikmati kicauan merdunya si Kacer ini. Semoga saja apa yang saya praktekan membuahkan hasil sesuai dengan yang di harapkan.
Menguasai teori itu harus tapi praktek jauh lebih harus untuk mengetahui hasilnya.
wasalam.


smbr:udikhangeblog

0 komentar:

Posting Komentar